Wali Kota “Sat Pol PP, Damkar & Linmas Pangkalpinang Siap Hadapi Kemungkinan Terburuk”

Wali Kota Pangkalpiang  menjadi  Inspektur upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Satuan Polisi Pamong Praja Ke-69, Satuan Perlindungan Masyarakat Ke-57 dan Satuan Pemadam Kebakaran Ke-100 Kota Pangkalpinang Senin (18/3/2019) pagi yang dilaksakakan di Halaman Kantor Wali Kota Pangkalpinang. Upacara ini dihadiri oleh Forkopimda dan Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kota Pangkalpinang.

Wali Kota Pangkalpinang menyatakan kinerja Satpol PP, Linmas dan Damkar Pangkalpinang penuh semangat dan memiliki motivasi yang tinggi.

“Alhamdulillah hari ini kita melihat ada semangat dan ada motivasi untuk kawan-kawan di lapangan untuk Damkar, Satpol PP dan Linmas Pangkalpinang. Kedepan ini terus kita tingkatkan untuk supaya mereka semangat menjalankan tugasnya,” tegas pria yang biasa disapa Molen ini.

Beliau juga menjelaskan dan menyetujui wacana Mendagri yang ingin membentuk Damkar menjadi dinas mandiri. Melihat Kota Pangkalpinang yang memiliki penduduk yang semakin padat.

“Seharusnya memang seperti itu,  karena tugasnya. Apalagi untuk di Kota dengan kepadatan penduduk di wilayah yang semakin padat, saya rasa Damkar memang harus berdiri sendiri.  Kita akan lihat nanti secara organisasi dengan biro organisasi dan akan mengkaji, Perdanya akan kita buat terus personil-personilnya kita tunjuk, sesegera mungkin karena memang sangat diperlukan, “tegasnya.

Molen menuntut tim pamadam kebakaran Kota Pangkalpinang mempunyai profesionalisme kerja yang tinggi mengingat Kota Pangkalpinang yang merupakan etalase Provinsi Bangka Belitung terus melaksanakan pembangunan khususnya gedung-gedung tinggi memerlukan fasilitas-fasilitas keamanan untuk pemadam kebakaran yang sangat diperlukan.

Molen juga menjelaskan terkait penegakkan Perda untuk Satpol PP yang sampai saat ini masih kurang, seperti ada beberapa oknum Satpol PP yang bermain tambang Molen meyakinkan bahwa kdepannya hal itu tidak akan terjadi lagi,  “Secara bertahap, karenakan kita harus menguatkan dulu aturan-aturan sebagai pegangan mereka, menguatkan dulu kesiapan mental mereka, kita lihat dalam waktu dekat meraka akan saya didik secara fisik. Alangkah baiknya di dalam ruangan mereka di dalam kantor mereka ini ada untuk gym  jadi badan mereka ini terbentuk, terus latihan lari biar kuat , karena fisik mereka harus kuat. Bukan hanya infrastruktur, bukan hanya motivasi tapi fisik mereka juga harus kuat. Insya Allah di dana perubahan nanti kami ada latihan khusus untuk 100 pol PP kita yang dilatih khusus untuk menghadapi yang sifatnya ketertiban umum dan anarkis seperti tadi itu. Insya Allah kedepan tidak ada lagi kerena kita sudah buat mental mereka tadi. Jadi secara mental  mereka siap, bahwa pol PP itu bertugas menegakkan Perda bukan sebaliknya, “Ungkap Molen secara yakin.  Molenpun berpesan untuk Satpol PP, “Kerjalah yang bener, untuk mereka sesuai dengan untuk poksi mereka.Jadi satpol PP ini adalah penegak Perda. Makanya mereka harus punya komitmen yang jelas dan tegas terhadap tugas mereka,”pesannya.

Terkait Pemilu yang beberapa hari lagi akan dilaksanakan, Molen menyatakan bahwa Damkar, Satpol PP dan Linmas cukup kuat dan siap menghadapi kemungkinan terburuk  selama jalannya pemilu, “Kita harus prepare dan bersiap-siap dengan segala kemungkinan terburuk, waspada kemungkinan terburuk apapaun yang kita hadapi kita harus siap, satpol PP, Damkar, Linmas, sepeti yang kita saksikan tadi mereka terus berlatih menghadapi kemungkinan terburuk harus siap. Mereka Cukup kuat, tinggal kita lagi menguatkan meraka, memberi motivsi kepada meraka biar mereka punya semangat tinggi untuk menegakkan Perda yang ada di Kota pangkalpinang ini,” katanya.

#Fotografer: Iwan
#Peliput & Penulis : Edoy & Yenni

You may also like...