Wali Kota Pangkalpinang Bercita-cita Naikkan TPP, TPP Staf Minimal Rp2,5 Juta

Wali Kota Pangkalpinang H. Maulan Aklil menyatakan bercita-cita menaikkan TPP seluruh ASN Pemerintah Kota Pangkalpinang, minimal Rp2,5 juta untuk staf. Ini disampaikannya saat menjadi Pembina Apel Mingguan Pemerintah Kota Pangkalpinang pada Senin (1/4/2019) pagi di Halaman Kantor Wali Kota Pangkalpinang.

“Saya berharap dengan dukungan bapak ibu semua, ke depan saya punya cita-cita TPP staf itu minimal Rp2,5 juta untuk seluruh staf. Dan kita akan samakan untuk eselon III, eselon IV , dan eselon II itu semua nanti saya berharap itu sama. Perbedaannya kalau pun ada beban kerja yang berbeda itu tidak terlalu jauh,”kata pria yang akrab disapa Molen ini.

Menurut Molen, saat ini ada ketimpangan dalam pemberian besaran TPP antara satu OPD dengan OPD lainnya. Dia menemukan di OPD tertentu TPP stafnya Rp2,5 juta, tetapi sebaliknya di OPD lainnya TPP pejabat eselon II a hanya Rp2,7 juta, bahkan TPP pejabat eselon IV-nya lebih kecil dari TPP staf OPD tertentu.

“Setelah saya kaji ulang jika dibandingkan dengan beban kerja, saya kira tidak sebanding. Oleh sebab itu, bapak ibu semua tolong bantu saya. Saya berharap ke depan ketimpangan yang ada ini akan segera kita samakan,”katanya.

Wali Kota menilai, jika melihat beban kerja maka semua Kepala OPD mempunyai beban kerja yang hampir sama, tipis perbedaannya. Dia menyontohkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang harus mempertaruhkan nyawa dalam beban kerjanya, TPP pejabat eselon III-nya Rp2,7 juta, hanya beda Rp200 ribu dengan TPP staf salah satu OPD.

Saya kira dinas-dinas lain juga akan seperti itu. Eselon II ada yang Rp6 juta, ada Rp7 juta, Rp8 juta, bahkan ada yang Rp12 juta. Kalau begitu mending saya jadi kepala dinas dari pada jadi wali kota. Tukar sajalah,”ujar Molen.

Molen mengharapkan, kehadirannya sebagai Wali Kota Pangkalpinang akan membuat aparatur Pemerintah Kota Pangkalpinang bekerja dengan nyaman dan lebih sejahtera. Karena itu, dia meminta seluruh aparatur Pemerintah Kota Pangkalpinang membantunya merealisasikan cita-citanya tersebut.

Dalam upayanya menaikkan TPP, Wali Kota meminta aparatur Pemerintah Kota Pangkalpinang untuk membantunya meningkatkan PAD Kota Pangkalpinang. Wali Kota mengungkapkan, untuk menaikkan anggaran TPP dibutuhkan dana sebesar Rp15 miliar dalam satu tahun.

“Tapi kalau ini bisa terealisasi, saya yakin untuk staf Rp2,5 juta, Rp4,5 juta untuk eselon IV, Rp7,5 juta untuk eselon III, Rp10 juta ke atas untuk eselon II bisa kita laksanakan,”ungkapnya.

“Kalau bapak ibu ingin kenaikan TPP ini kita kerja sama. Bantu saya dalam pendapatan, kerja sesuai tugas pokok dan fungsinya, dan ajukan anggaran yang sesuai dengan kebutuhan. Saya tidak akan mengurangi yang sudah ada, saya akan menyesuaikan apa yang sudah ada. Jadi tingkat perbedaannya itu tidak terlalu jauh. Saya tantang bapak ibu di tahun 2019 ini agar di tahun 2020 bisa terlaksana. Amiin,”pungkas Molen.

#Fotografer : Iwan
#Peliput & Penulis : Edoy & Yuli

You may also like...