Wali Kota Pangkalpinang akan Kombinasikan Ide-ide IAI dengan Kondisi dan Kebutuhan Kota Pangkalpinang

Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) memaparkan hasil kajian mengenai desain ikonik untuk Kota Beribu Senyuman (City of Thousand Smiles). Paparan ini diselenggarakan pada hari Sabtu (13/4/2019) di Swiss Bell Hotel Pangkalpinang.

Wali Kota Pangkalpinang H. Maulan Aklil menyatakan desain yang dipaparkan bagus dan akan dijadikan bahan untuk pertimbangan dan analisis untuk membangun Kawasan Kota Pusaka. Kawasan ini meliputi lokasi di belakang Rumah Dinas Wali Kota Pangkalpinang, Alun-alun Taman Merdeka, Taman Wilhelmina sampai ke Trans Mart.

“Ini membuka pikiran kita bahwa ada ide-ide baru seperti Pangkal Senyum, sky walk, air mancur, dan sebagainya. Ini ide-ide yang akan kita kombinasikan dengan kajian kota kita, tidak mutlak kita ambil keseluruhannya. Kita akan koordinasikan dan kombinasikan dengan kebutuhan sesuai kondisi Pangkalpinang sendiri,”kata Wali Kota yang biasa disapa Molen ini.

Wali Kota menjelaskan kegiatan ini disponsori dan dilaksanakan sepenuhnya oleh IAI, tanpa biaya dari Pemerintah Kota Pangkalpinang. Karena pertemanan dan persahabatannya dengan Ketua IAI Bangka Belitung Hongky Listiadi, maka kegiatan ini dibawa Hongky ke Pangkalpinang.

“Jadi kita patut bersyukur tanpa modal, tanpa mengeluarkan uang sedikit pun, kita mendapatkan hasil dari apa yang mereka kerjakan ini. Hadiah bagi kita untuk membangun Pangkalpinang, kalau mau dikerjakan, kalau bagus menurut kita,”jelas Molen.

Molen mengharapkan masyarakat Pangkalpinang untuk mendukung dan membangun Kota Pangkalpinang sebagai City of Thousand Smiles (Kota Beribu Senyuman). 

“Saya punya ketulusan dan keikhlasan untuk membangun Pangkalpinang ini, tapi semua ini bukan Molen yang kerjakan, bukan Dinas Perkim, bukan Pemkot, tetapi seluruh masyarakat Pangkalpinang. Mari kita sama-sama mengerjakan ini untuk kemajuan kita bersama-sama,”harapnya.

Molen mengungkapkan IAI dan arsitektur dari Malaysia, Singapura, dan Malaysia mengakui jargon City of Thousand Smiles (Kota Beribu Senyuman) sebagai ide yang bagus dan luar biasa.

“Ini sudah dibawa ke Singapura, ke Malaysia, ke Thailand. Ini akan jadi kajian mereka berikutnya,”pungkasnya.

#Fotografer:Iwan
#Peliput&Penulis:Edoy & Yuli

You may also like...