Wali Kota Harapkan Penggunaan Sistem Monitoring Penerimaan Pajak Online akan Meningkatkan PAD

Wali Kota Pangkalpinang H. Maulan Aklil (Molen) mengharapkan penggunaan Sistem Monitoring Penerimaan Pajak Onlineakan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Pangkalpinang. Harapan ini disampaikannya dalam sambutannya pada acara Sosialisasi Implementasi Sistem Monitoring Penerimaan Pajak Online pada hari Jum’at (29/3/2019) pagi yang bertempat di Bank Sumsel Babel.

Perlu diketahui, dengan Sistem Monitoring Penerimaan Pajak Online(tapping box)segala transaksi, registrasi tunai, data penjual dari point of sales dan data wajib pajak dapat terekam semua. Sistem Monitoring Penerimaan Pajak Onlinebagi wajib pajak adalah terhindar dari laporan internal fiktif karena dapat mengetahui pendapatan secara riil. Karena itu, Wali Kota mengharapkan dengan sistem ini dapat meningkatkan transparansi, akuntabilitas, efektif, dan efisien dalam pemungutan pajak.

“Dengan adanya tapping box ini, saya harapkan bahwa kami dalam pelaksanaan di lapangan  ini bisa meningkatkan  pendapatan kami dan lebih terukur. Selama ini tidak terukur. Bagaimana mau terukur jika data yang ada dengan yang di buku nggak sama. Oleh sebab itu mudah-mudahan tapping box ini dapat meningkatkan pendapatan kami dan lebih terukur,”harap Molen.

Ditambahkannya, penggunaan tapping box dalam pemungutan pajak akan akan mengurangi kecurangan-kecurangan atau kebocoran-kebocoran karena dengan tapping box semuanya langsung terdata. Ke depannya, akan dibuat aplikasi online sehingga wali kota bisa mengecek transaksi melalui handphone.

“Nanti ke depan saya akan buat ini aplikasinya, ketika bapak masuk di aplikasinya bisa saya cek langsung di hp saya. Hotel-hotel yang nggak mau bayar, nanti bisa saya cek langsung. Saya akan telpon, saya tegur langsung, “Hey you! kenapa nggak mau bayar?” Itu langsung terditeksi langsung hp wali kota. Jadi enak,”katanya.

“Nah, kalau bayar sekian, jumlahnya juga sama seperti itulah. Jika staf saya ada yang bermain, saya juga akan langsung tahu. Saya harap kebocoran-kebocoran ini bisa menambah pendapatan kas daerah kami dan mengurangi kecurangan-kecurangan di lapangan,”imbuhnya.

Saat ini baru diberikan 10 tapping box untuk restoran di luar hotel. “Jika 61 hotel di Pangkalpinang ini menggunakan tapping box saya yakin akan ada peningkatan yang luar biasa,”ujar Molen.

Menurut Molen, penggunaan Sistem Penerimaan Pajak Online ini berpotensi meningkatkan PAD sebesar empat kali lipat. Diharapkannya, dengan meningkatnya PAD akan meningkatkan kesejahteraan PNS dan non PNS Pemerintah Kota Pangkalpinang.

“Bagaimana  saya mau membangun Pangkalpinang kalau pendapatannya dari sisi penerimaan kecil. Sebetulnya kalau ini kita garap dengan benar, tidak ada dusta di antara kita, saya kira ini akan meningkatkan pajak,”pungkasnya.

#Fotografer: Iwan
#Peliput & Penulis: Edoy & Yuli

You may also like...