Wali Kota Ajak Masyarakat Jaga Kerukunan Tingkat Kerawanan Media Sosial Babel Nomor Lima se-Indonesia

Wali Kota Pangkalpinang H. Maulan Aklil mengajak masyarakat menjaga kerukunan di Kota Pangkalpinang. Hal ini disampaikannya pada acara Deklarisasi Anti Politisasi Tempat Ibadah dan Anti Hoax demi Terciptanya Kerukunan Umat Beragama dalam rangka Pemilu Sejuk dan Damai yang bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Wali Kota Pangkalpinang Lantai 1 Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Kamis (24/1).

“Oleh sebab itu bapak, saya mohon ayolah kita jaga kerukunan kita. Kita  jaga Pangkalpinang ini bersama-sama. Bukan untuk sekarang  ini pak. Kalau  terjadi konflik SARA kenanya lima tahun kedepan, anak cucu kita,”ajaknya.

Ajakan Wali Kota ini karena berdasarkan informasi dari Kapolres Pangkalpinang Imam Risdiono, Bangka Belitung berada di peringkat kelima tingkat kerawanan media sosialnya. Dan ada indikasi di Pangkalpinang ini, ada beberapa orang yang agak ekstrim yang hingga kini menjadi target dan sudah ditangkap dua orang.

Dikatakannya, sebagai Wali Kota mempunyai kepentingan dan bertanggung jawab terhadap masalah kenyamanan, keamanan di Kota Pangkalpinang. Apabila terjadi konflik suku, agama, ras dan antar golongan di Kota Pangkalpinang, maka perencanaan pembangunan yang akan direncanakan untuk akan terganggu dan hancur.

“Kalau ada konflik ini habislah kita! Oleh sebab itu bapak ibu, kami mohon mari kita sama-sama jaga Kota Pangkalpinang ini! Kota Pangkalpinang ini punya kita semua, tidak ada yang beda. Mau agama apa, mau suku apa, semuanya sama!” tegasnya.

Wali Kota menjelaskan Pangkalpinang ini terdiri dari nenek moyangnya Melayu dan Tionghoa dan  sekarang terus bertambah heterogennya. Pangkalpinang adalah etalase Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Orang  yang berkunjung ke Bangka Belitung akan melihat Pangkalpinang.

“Oleh sebab itu apabila ada terjadi konflik suku, agama dan ras antar golongan di Kota Pangkalpinang, habis Provinsi Bangka Belitung! Oleh sebab itu bapak ibu semua, sekali lagi jangan mudah terprovokasi!” tegasnya sekali lagi.

Hadir dalam acara ini Kapolres Pangkalpinang sebagai penyelenggara acara, Komandan Kodim 0413 Bangka, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Pangkalpinang, Ketua KPU Kota Pangkalpinang, Ketua Panwaslu, Wakil Ketua MUI Kota Pangkalpinang, Ketua FKUB Kota Pangkalpinang, para Kapolsek, para Danramil, tokoh agama, tokoh masyarakat, pengurus masjid, dan pengurus rumah ibadah lainnya.

#Fotografer: Iwan
#Peliput dan Penulis: Edoy dan Yuli 

You may also like...