Rumah Sakit Umum Daerah Kota Pangkalpinang harus Menjadi yang Terbaik di Bangka Belitung

Gedung Baru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah Kota Pangkalpinang resmi dioperasikan pada hari ini Selasa (15/1/2019). Peresmian operasional Green Hospital UPTD RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang diresmikan oleh Wali Kota Pangkalpinang H. Maulan Aklil.

Wali Kota dalam sambutannya menyatakan setelah peresmian ini pelayanan RSUD Depati Hamzah Kota Pangkalpinang harus ditingkatkan dan harus menjadi yang terbaik di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Rumah sakit ini menurut saya sudah lumayan megah. Tinggal tugas yang kedua, percuma rumah sakit kita bagus, tetapi pelayanan kita belum maksimal. Untuk maksimal perlu kerja keras kita bersama. Semua  dokter, perawat, bidan, dan staf rumah sakit, mohon nanti kita kerjasama bersama memberikan peningkatan pelayanan rumah sakit ini,”katanya. 

Dikatakannya, peningkatan pelayanan merupakan target kedua yang harus dicapai setelah peresmian operasional gedung baru RSUD Depati Hamzah Kota Pangkalpinang. Peresmian operasional gedung baru ini pada pertengahan Januari tahun 2019 sesuai dengan janjinya. 62 hari kerja semenjak dia dilantik, operasional gedung baru RSUD Depati Hamzah Kota Pangkalpinang diresmikan.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan rumah sakit, Wali Kota akan membentuk manajemen baru rumah sakit.

“Nanti kita kerja melalui manajemen yang baru. Insyaallah,  kalau tidak hari ini, besok akan dilantik Direktur Rumah Sakit Umum yang baru. Nanti untuk manage menajemen ke bawahnya untuk diperbaiki. Kita rombak, kita baguskan biar pelayanan kita semakin baik,”jelasnya.

Setelah ada manajemen baru, Wali Kota meminta Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang dr. Ristum Alamsyah, Sp.S dan manajemen baru rumah sakit segera membuat simulasi pelayanan dan peningkatan kesejahteraan pegawai.

“Kesejahteraan para dokter, perawat, bidan dan staf rumah sakit umum  akan menjadi barometer acuan bagi seluruh rumah sakit yang ada di Bangka Belitung ini. Tapi kita harus mengelola sistem BLUD ini profesional,”katanya.

Pada tahun 2019, tunjangan dokter spesialis RSUD Depati Hamzah Kota Pangkalpinang sebesar Rp20 juta.

“Tahun ini ,  2018 sudah saya tanda tangani untuk dokter spesialis 20 juta rupiah. Insyaallah, tahun depan akan saya tanda tangani 30 juta rupiah. Saya sudah komit itu,”janji Wali Kota.

Wali Kota juga meminta manajemen baru RSUD Depati Hamzah Kota Pangkalpinang harus bekerja keras dan tegas. Semua pegawai harus bekerja sama.

“Yang tidak bisa kerjasama, tolong kepala rumah sakit, singkirkan saja nanti,”tegasnya.

Wali Kota meminta tahun 2019 ini rumah sakit jadi skala prioritas termasuk penganggaran. Dia ingin masyarakat Pangkalpinang yang merasakan pelayanan rumah sakit, keluar dari rumah sakit dengan tersenyum sehingga merasakan Pangkalpinang sebagai Kota Beribu Senyuman.

#Fotografer: Iwan dan Miko

#Peliput dan Penulis: Edoy dan Yuli

You may also like...