KPPN Pangkalpinang Gelar Rakor Terkait Penyaluran DAK Tahun 2018

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pangkalpinang menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) terkait kesiapan pemerintah daerah dalam menyampaikan dokumen persyaratan penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Tahap I dan DAK Fisik sekaligus tahun 2018, Kamis (12/7/2018) di Aula KPPN Pangkalpinang.

Hadir dalam rakor ini Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Bangka Belitung Supendi, Kepala Kantor KPPN Pangkalpinang Mulyo Slamet dengan peserta para kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda), Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD), para staf di wilayah kerja KPPN Pangkalpinang yang meliputi Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Bangka Tengah dan Kabupaten Bangka Selatan serta beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait dengan penyaluran dana DAK Fisik.

Supendi selaku Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Bangka Belitung dalam sambutannya mengharapkan agar Pemerintah Daerah Provinsi Bangka Belitung memanfaatkan dana DAK Fisik yang telah tersedia ini untuk pembangunan daerah dengan sebaik-baiknya serta menyampaikan permasalahan yang dihadapi saat pengajuan dana DAK  Fisik.

Sementara itu, Mulyo Slamet selaku pimpinan rapat menyatakan bahwa dilaksanakannya rapat ini bertujuan untuk membahas kesiapan pemda penerima dana DAK Fisik dalam menyampaikan dokumen persyaratan penyaluran, identifikasi dan inventarisasi terhadap kontrak kegiatan yang ditandatangani sampai dengan tanggal  23  Juli  2018 nanti.

Dirinya juga menjelaskan tentang kegunaan dana DAK Fisik yang merupakan dana yang dialokasikan dalam APBN kepada daerah tertentu dengan tujuan untuk mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan daerah dan sesuai dengan prioritas nasional.

KPPN Pangkalpinang selaku intansi vertikal direktorat jenderal perbendaharaan di daerah menyalurkan DAK Fisik meliputi Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Bangka Tengah dan Kabupaten Bangka Selatan. Penyaluran DAK Fisik Tahap I ini sebesar 25 % dari pagu DAK Fisik masing-masing daerah.  KPPN Pangkalpinang saat ini sudah menyalurkan sebagian besar DAK Fisik pada saat ini.

You may also like...