Program KB adalah Investasi Jangka Panjang

Wali Kota Pangkalpinang H. Maulan Aklil menyatakan program kependudukan, KB, dan pembangunan keluarga merupakan program pemerintah dengan investasi jangka Panjang. Dimana keberhasilan program ini tidak langsung dapat dirasakan oleh masyarakat, tetapi bertahun-tahun ke depan baru akan tampak hasilnya.

Ini disampaikan Wali Kota Pangkalpinang pada acara Pencanangan Bhakti Sosial Ikatan Bidan Indonesia Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Kesehatan Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2019, Kamis (14/2), bertempat di Kampung KB Kelurahan Parit Lalang, Kecamatan Rangkui, Kota Pangkalpinang. Acara ini bertema “ Peran IBI dalam Pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi untuk Meningkatkan Derajat Kesehatan Ibu dan Anak Guna Mewujudkan Keluarga berkualitas”.

Wali Kota menjelaskan, pertumbuhan ekonomi dengan pertumbuhan penduduk harus seimbang. Jika pertumbuhan ekonomi tinggi, tetapi laju pertumbuhan penduduk tidak terkendali, maka akan tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi  malah akan menjadi lebih rendah karena penduduknya yang juga besar.

“Selain itu, pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali juga akan berakibat pada ketersediaan lahan yang akan semakin berkurang, kebutuhan terhadap layanan kesehatan dan Pendidikan semakin bertambah,”tambahnya.

Wali Kota mengajak untuk meningkatkan derajat kesehatan, perlindungan kaum ibu, dan meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga sehingga keluarga yang sejahtera dapat terwujud dan peningkatan kualitas masyarakat dapat tercapai.

“Saya berharap agar pelaksanaan kegiatan ini bisa memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan capaian kinerja Program KKBPK di Kota Pangkalpinang pada khususnya, dan capaian kinerja Program KKBPK se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada umumnya,”harap Wali Kota.

Sementara itu dalam wawancaranya setelah acara  dengan para wartawan, Wali Kota menyatakan siap bersinergi dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mewujudkan Kota Pangkalpinang sebagai Kota Layak Anak.

You may also like...