Peringatan Hari Ibu Ke-90 Tahun 2018 Wali Kota Pangkalpinang: “Perempuan Memiliki Hak dan Kewajiban yang Setara dengan Laki-laki”

Acara Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-90 Tingkat Kota Pangkalpinang Tahun 2018 berlangsung khitmad dan meriah. Acara yang berlangsung di Hotel Cordela Kota Pangkalpinang pada hari Selasa (18/12/2018) ini diisi dengan serangkaian acara yang diawali dengan Upacara Peringatan Hari Ibu, pemotongan nasi tumpeng, pembagian hadiah perlombaan dalam rangka memperingati Hari Ibu, dan hiburan-hiburan.

Wali Kota Pangkalpinang H. Maulan Aklil bertindak sebagai pembina upacara. Petugas upacara lainnya adalah ibu-ibu dari organisasi wanita di Kota Pangkalpinang. Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pangkalpinang Monica Haprinda Maulan Aklil membacakan Sejarah Singkat Hari Ibu, Ketua Persit Kodim 0413 Bangka membacakan naskah pembukaan Undang-undang Dasar 1945, dan perwira upacara adalah anggota Persit Kodim 0413 Bangka.

Wali Kota Pangkalpinang dalam sambutannya menyatakan bahwa perempuan memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan laki-laki dalam keluarga, masyarakat, dan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang sadar dan memahami memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan laki-laki. Prinsip kesetaraan yang mendasari tentang pentingnya pembagian tugas, peran dan tanggung jawab yang seimbang antara perempuan dan laki-laki mulai dari lingkup keluarga, masyarakat bahkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Perempuan dan laki-laki keduanya adalah “parthnership” sekaligus sumber daya insani yang menentukan keberhasilan pembangunan nasional,”katanya.

Namun Wali Kota mengingatkan, meskipun setara wanita tetap harus melayani suami dengan baik. “Tapi jangan mentang-mentang setara semuanya mau disetarakan. Tetap saja tolong pas pulang ke rumah suami tetap dilayani dengan baik,”ujarnya.

Wali Kota juga mengajak para ibu untuk berkontribusi dalam membangun dan mewujudkan Pangkalpinang sebagai Kota Beribu Senyuman.  Jangan berpikir negatif, iri dengki, dan menggosip.

“Saya berpesan kepada ibu-ibu di umur PHI kesembilanpuluh ini, khususnya di Pangkalpinang, berikan kontribusi ibu-ibu untuk membangun Pangkalpinang ini. Saya yakin Pangkalpinang ini tidak bisa hanya kami saja yang membangun, tetapi saya yakin peran wanita di Pangkalpinang ini sangat besar sekali,”ucapnya.

“Oleh sebab itu sekarang sudah banyak wadahnya untuk wanita memberikan kontribusinya. Tolong melalui wadah-wadah itu kerjalah yang positif, berikan ketulusan dan keikhlasannya. Tolong, tolong, tolong, jangan berpikir yang negatif, iri dengki. Sudah jauhilah! Bukan zamannya lagi gosip-menggosip. Wanita bukan zamannya lagi identik dengan hal-hal seperti itu. Mari kita isi dengan pemikiran-pemikiran yang cerdas. Mari kita isi dengan sesuatu yang positif. Ayolah Pangkalpinang harus berubah! Pangkalpinang harus menebarkan senyuman.  Selamat datang di Kota Beribu Senyuman,”lanjutnya.

Menutup sambutannya, Wali Kota mengharapkan Peringatan Hari Ibu ke-90 Tahun 2018 ini dapat mendorong terciptanya kesetaraan perempuan dan laki-laki dalam setiap aspek kehidupan.

Setelah Upacara, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng. Wali Kota Pangkalpinang memberikan suapan potongan tumpeng pertama kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pangkalpinang yang juga istri Wali Kota Pangkalpinang.

Acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah perlombaan dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-90 Tahun 2018.

Hadiah pertama yang dibagikan adalah hadiah Lomba Kecamatan Sayang Ibu. Juara pertama diraih Kecamatan Rangkui, juara kedua Kecamatan Pangkalbalam, dan juara ketiga Kecamatan Girimaya.

Pembagian hadiah kedua adalah hadiah Lomba P2WKSS. Kelurahan Bukit Sari Kecamatan Gerunggang meraih juara pertama, Kelurahan Masjid Jamik Kecamatan Rangkui meraih juara kedua, dan Kelurahan Air Itam Kecamatan Bukit Intan keluar sebagai juara ketiga.

Hadiah terakhir yang dibagikan adalah hadiah Lomba Perusahaan Pembina Terbaik Tenaga Kerja Perempuan. Juara pertama adalah PT Duta Putra Lexindo dan juara kedua diraih oleh PT Cahyani Indoniaga Bangka Raya.

Acara juga dimeriahkan dengan fashion show para juara Lomba Kebaya Nusantara oleh Ina Wirtsa dari IIKT Pangkalpinang, Puspa dari IIDI Pangkalpinang, Yudith Risky dari IIKT Pangkalpinang, Lidya Nani Erwandy dari DWP Kota Pangkalpinang, Sri Rahayu dari PKK Kecamatan Pangkalbalam, dan Aprilina dari DPC Perwira Kota Pangkalpinang. Turut hadir pada acara ini Komandan Kodim 0413 Bangka, Kapolres Kota Pangkalpinang, perwakilan dari Pengadilan Negeri Kota Pangkalpinang, para pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Pangkalpinang, para ketua organisasi wanita di Kota Pangkalpinang, dan tokoh-tokoh wanita  Kota Pangkalpinang.

Mungkin Anda juga menyukai