Pemerintah Kota Pangkalpinang Dukung BNN Kota Pangkalpinang Perangi Narkoba

BNN Kota Pangkalpinang memusnahkan sebanyak 102 gram barang bukti/sitaan tindak pidana narkotika di halaman Kantor BNN Kota Pangkalpinang pada hari Kamis (28/3/2019).

Hadir pada acara pemusnahan barang bukti ini antara lain Wali Kota Pangkalpinang, Ketua DPRD Kota Pangkalpinang, Dandim 0413 Bangka, Ketua Pengadilan Negeri Pangkalpinang, BNN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Lapas Narkotika Selindung Kota Pangkalpinang, Kepala Lapas Klas II Kota Pangkalpinang, Ketua PKK Kota Pangkalpinang, Pejabat Kejaksaan Negeri Kota Pangkalpinang, Pejabat Polres Kota Pangkalpinang, dan Pejabat Pemerintah Kota Pangkalpinang.

Wali Kota Pangkalpinang H. Maulan Aklil dalam sambutannya mengajak semua unsur terkait dan masyarakat untuk bersinergi memerangi narkoba, khususnya perang terhadap bandar narkoba.

“Di Pangkalpinang ini narkoba jangan dianggap enteng,  harus bersama-sama perang terhadap narkoba, perang terhadap bandar-bandar narkoba. Jangan sampai anak anak cucu, kita generasi kita terjerat oleh narkoba sehingga merusak Pangkalpinang ini. Bagaimanapun Pangkalpinang ini harus kita jaga dari bahaya narkoba ini,”katanya kepada awak media setelah acara.

Wali Kota menyatakan siap mendukung dan membantu BNN Kota Pangkalpinang dari segi penganggaran. Bentuk dukungan anggaran ini tidak mutlak cash money, tetapi bisa dalam bentuk misalnya kegiatan pencegahan seperti jam malam, penerangan jalan, dan sarana dan prasarana untuk BNN Kota Pangkalpinang.

“Kami siap men-support Pak Ichlas  karena bersama kita ada Pak Ketua Dewan, tolong bantu Pak. Nanti kita sudah sepakat di penganggaran nanti kita akan membantu mereka. Karena Pak Ichlas ini memang bekerja ikhlas walaupun anggarannya kecil sekali, bahkan untuk kendaraan operasionalnya susah Pak,  cuma satu harus kejar tayang,”kata Wali Kota yang akrab disapa Molen ini.

“Kita akan bantu dalam penganggaran. Pemkot akan memberikan satu sisi penganggaran kepada pihak BNK melalui OPD yang terkait,”imbuhnya.

Wali Kota berharap, selama masa lima tahun kepemimpinannya bersama Wakil Wali Kota Pangkalpinang Muhammad Sopian, Pangkalpinang harus menjadi kota yang zero (nol) narkoba.

Sementara itu, Kepala BNN Kota Pangkalpinang Ichlas Gunawan menungkapkan pada tahun 2019 sudah ada 10 orang yang direhabilitasi.

“Sudah ada 10 orang  dari 10 orang itu, 6 orang usia 14-15 tahun, dan 4 orang usia 18-24 tahun,”jelas Ichlas.

Ichlas menambahkan, BNN Kota Pangkalpinang telah memberikan pelatihan untuk para penggiat dalam mencegah dan memerangi bahaya narkoba. Pada tahun 2019, ada 160 penggiat di tiga kelurahan yang sudah dilatih.

“Semua lini masyarakat akan kita upayakan, khususnya di tingkat kelurahan di tiga kelurahan tadi, Ketapang, Semabung Lama, dan Air Mawar.  Itu kami kejar betul,”tegas Ichlas.

#Fotografer: Iwan
#Peliput&Penulis: Edoy & Yuli

You may also like...