Masyarakat Kota Beribu Senyuman Harus Taat dan Tertib Berlalu Lintas

Pemerintah Kota Pangkalpinang melaksanakan Apel Mingguan sekaligus penyerahan Hadiah kepada pemenang pemilihan Pelajar Disiplin Lalu Lintas dan pemilihan Awak Kendaraan Umum Teladan Kota Pangkalpinang Tahun 2019 pada hari Senin (29/4/2019), bertempat di halaman Kantor Wali Kota Pangkalpinang.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Rasdian Setiadi, S.IP selaku pembina apel pagi ini menyampaikan sambutan Wali Kota Pangkalpinang H. Maulan Aklil menyatakan, lalu lintas dan angkutan jalan baik secara langsung maupun tidak langsung memilki peranan yang sangat penting dalam mendukung pembangunan suatu daerah khususnya mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan wilayah di sepanjang  jaringan lalu lintas dan angkutan jalan.

“Perkembangan wilayah akan seiring dengan meningkatnya arus lalu lintas dan angkutan jalan, hal ini merupakan satu kesatuan yang tak terhindarkan, semakin ramai suatu wilayah maka semakin kompleks pula permasalahan lalu lintas. Oleh karena itu tugas Dinas Perhubungan Kota Pangkalpinang adalah memberikan sosialisasi keselamatan dan tertib lalu lintas kepada masyarakat yang dimulai dari usia dini sampai dengan masyarakat pengguna kendaraan,”kata Rasdian.

Untuk itu masyarakat kota Pangkalpinang umumnya dan ASN Pangkalpinang khususnya harus mentaati peraturan lalu lintas, agar moto Kota Pangkalpinang Seribu Senyum (Sejahtera, Nyaman, Unggul dan Makmur) tidak menjadi sia-sia belaka dan menjadikan Kota Pangkalpinang salah satu tujuan untuk dikunjungi karena masyarakatnya yang tertib lalu lintas.

Tingginya tingkat kecelakaan lalu lintas di Kota Pangkalpinang, disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor manusia, faktor sarana perlengkapan yang kurang memadai, faktor kendaraan, dan faktor alam.

“Faktor manusia disebabkan oleh pemakainya yang kurang disiplin dan kurang mentaati lalu lintas, menggunakan handphone sambil mengemudi, tidak memakai sabuk keselamatan, kelengkapan kendaraan, berboncengan lebih dari satu orang, sen ke kiri belok ke kanan, bahkan menerobos lampu merah itu suatu kebanggaan. Padahal mereka yang melakukan itu sebagian menggunakan baju seragam dinas. Hal ini akan mengakibatkan orang lain ikut terlibat dalam kecelakaan lalu lintas,” jelasnya.

Disamping itu ada hal yang harus disyukuri karena Kota pangkalpinang  merupakan salah satu Kota yang hampir 100% jalannya sudah baik dan mulus, dan tidak sedikit masyarakat yang datang ke Kota Pangkalpinang memuji jalan-jalan di Pangkalpinang. Namun, di sisi lain masih banyak jalan-jalan di Kota Pangkalpinang yang persimpangan tidak simetris, yang menyebabkan sulit untuk melakukan rekayasa lalu lintas.

Dari faktor-faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas inilah Dinas Perhubungan Kota Pangkalpinang memprogramkan sosialisasi tertib lalu lintas dimulai dari usia dini dengan melakukan pembangunan “Taman Lalu lintas” yang nantinya akan membuat miniatur jalan-jalan (PUD, TK, SLTP dan SLTA) dapat belajar dan memperhatikan tertib berlalu lintas di taman lalu lintas Kota Pangkalpinang.

Pada kesempatan ini, Sekreatris Daerah Kota Pangkalpinang dan didampingi oleh Asisten Administrasi Umum, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Kepala Dinas Perhubungan Kota Pangkalpinang menyerahkan penghargaan kepada Pemenang Lomba Pemilihan Pelajar Disiplin Lalu Lintas   kepada  Rizky Rahmadani dari SMA N 3 Pangkalpinang sebagai juara pertama, juara kedua M. Parky Umar dari SMA N 1 Pangkalpinang, dan M. Mahdi Rakan dari SMA N 2 Pangkalpinang.

Selanjutnya, penyerahan penghargaan untuk Juru Mudi Angkutan Umum di Kota Pangkalpinang yang menjadi pemenang pada lomba Pemilihan Awak kendaraan umum Teladan Tahun 2019 yang dimenangkan oleh Rahmat Safei dari Perusahaan PT. Blue Bird sebagai juara pertama, juara kedua Arif Susanto Perusahaan PMP Kutilang, dan Kholifatil Iman dari PT Blue Bird sebagai juara ketiga.

Pemenang pertama, kedua, dan ketiga pada perlombaan ini akan diikutkan pada perlombaan tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada bulan Juni 2019 yang akan datang. Dan jika menang kembali di tingkat provinsi akan berjuang kembali di tingkat nasional pada bulan September 2019 yang bertepatan dengan Hari Ulang tahun Perhubungan, sebagai “Duta pelajar Tertib Lalu Lintas” dan “Duta Juru Mudi Angkutan Umum Tertib Lalu Lintas”

“Harapan kami kepada semua pemenang Tingkat Kota Pangkalpinang dapat bersaing pada tingkat nasional dan pelajar dan juru mudi Kota Pangkalpinang dapat menjadi Duta Bangsa di tingkat nasional di Jakarta nantinya,”harap Rasdian._(humas-pkp)

#TimhumasprotokolPangkalpinang

You may also like...