Kepala OPD harus Berperan Aktif dalam Penyusunan Renstra

Dalam penyusunan Rencana Strategis Organisasi Perangkat Daerah (Renstra OPD), Kepala OPD harus berperan aktif berkoordinasi dengan Kasubbag Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan (PEP). Kepala OPD kadang-kadang tidak tahu, yang tahu Kasubbag PEP. Kepala OPD adalah otak perencanaan sedangkan Kasubbag PEP hanya pelaksana.

Hal ini disampaikan Wakil Wali Kota Pangkalpinang Muhammad Sopian dalam sambutannya pada kegiatan Pendampingan Penyusunan Renstra Perangkat Daerah yang bertempat di Sun Hotel Kota Pangkalpinang, Rabu (30/1).

“Dari dulu pengalaman saya kalau penyusunan renstra Kepala OPD kadang-kadang tidak tahu, jadi yang tahu kasubbag PEP. Ini  seharusnya tidak terjadi. Mengapa ini tidak seharunya terjadi? Karena yang Kepala OPD-nya bukan Kasubbag PEP-nya. Harusnya  Kepala OPD-nya berperan aktif berkoordinasi dengan Kasubbag PEP-nya dalam rangka penyusunannya, apa sih yang mau dilaksanakan OPD tersebut dalam rangka menunjang RPJMD,”kata Sopian.

Sopian menyatakan di zaman sekarang ini dituntut untuk menciptakan good governance dan clear governance sehingga RPJMD, Renstra OPD, program dan kegiatan yang berkaitan dan terarah. Kalau dulu Renstra disusun ala kadarnya hanya untuk memenuhi administrasi, tetapi sekarang tidak bisa karena pemeriksaan, prestasi kinerja saling berkaitan dengan Renstra. Apabila Renstra OPD sudah tersusun dengan matang, bisa konek dengan RPJM maka akan mudah dipertanggung jawabkan. “Kita sekarang ini berpikir kompleks mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi sampai pelaporan harus konek semua,”jelasnya.

Ditambahkannya, Pemerintah kota mempunyai kelemahan karena belum tersistem secara aplikasi. Apabila ini sudah tersistem maka akan mempermudah pekerjaan dalam rangka pertanggungjawaban.

Sembari bercanda, Sopian mengungkapkan kegiatan ini bukan suatu hal yang mudah. Para peserta diharapkan harus konsentrasi penuh. “Dari pengalaman juga, saya walaupun tidak lama di birokrasi hanya 30 tahun, dalam 30 tahun juga belum begitu matang untuk mengkaji membuat suatu rentetan kegiatan RPJM dan lain sebagainya,”ungkapnya.

Sopian mengharapkan peserta mengikuti kegiatan ini dengan serius, jangan kegiatan ini dianggap sebagai suatu yang seremonial. Karena di samping untuk kepentingan OPD, kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan, pengalaman dan pengetahuan.

#Fotografer: Iwan
#Peliput dan Penulis: Edoy dan Yuli  

You may also like...