Kejaksaan Negeri Pangkalpinang Beri Bantuan Hukum untuk Pemerintah Kota Pangkalpinang

Wali Kota Pangkalpinang H. Maulan Aklil dan Kepala Negeri Pangkalpinang menandatangani MoU tentang Bantuan Penanganan Permasalahan Hukum di Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara pada hari Senin (28/1), di Ruang Pertemuan Lantai 1 Kantor Wali Kota Pangkalpinang.

Wali Kota Pangkalpinang dalam sambutannya meminta bantuan Kejaksaaan Negeri Pangkalpinang untuk membimbing Pemerintah Kota Pangkalpinang dalam menjalankan pemerintahan dan membangun Pangkalpinang.

“Dalam pekerjaan ini kami tidak mungkin bisa kerja sendiri, kami tentunya bukan superman, kami perlu super tim untuk membangun Pangkalpinang ini. Oleh sebab itu dengan segala kerendahan hati kami, dengan segala kekurangan yang kami punya, bimbing kami Pak. Bimbing kami dalam menjalankan Pemerintahan Kota Pangkalpinang ini,”kata Wali Kota.

Wali Kota mengharapkan Penandatanganan MoU ini bukan sekedar retorika, tetapi harus ditanamkan dalam hati sebagai dasar untuk bekerja membangun Pangkalpinang.

Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri Pangkalpinang R.M. Ariprioagung, S.H., M.H., menjelaskan tentang tugas Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Negeri Pangkalpinang atau Bidang Datunpa antara lain bantuan hukum, pelayanan hukum, penegakan hukum, pertimbangan hukum, dan tindakan-tindakan hukum lainnya.

“Salah satu contoh untuk bantuan hukum biasanya kita lakukan dengan litigasi atau non litigasi. Kalau  litigasi kita di persidangan kalau non litigasi bisa melalui perdamaian-perdamaian di luar persidangan. Kemudian masalah penegakan hukum itu adanya di litigasi, adanya di pengadilan buntut terakhirnya endingnya di pengadilan. Kemudian juga ada yang akan kita lakukan ini diantaranya adalah  bantuan hukum dan masalah pertimbangan hukum,”jelasnya.

Namun, Ari menyatakan Kejaksaan tidak bisa mendampingi dan mengawal masalah pidana. Kejaksaan juga tidak bisa mewakili apabila Pemerintah Kota Pangkalpinang digugat juga oleh pemerintah.

“Jadi misalnya ada dinas yang menggugat Pemkot atau Pemkot ingin menggugat salah satu dinas yang ada di sini, itu kami tidak bisa melakukan bantuan. Jadi hanya memediasi saja, kita panggil  kita temukan jalan keluarnya,”katanya.


#Fotografer: Iwan
#Peliput dan Penulis: Edoy dan Yuli 

You may also like...