Ada Program Lanjutan Jum’at Bahagia Tapi Masih Rahasia

Ada program lanjutan Program Jum’at Bahagia, tapi masih dirahasiakan Wali Kota Pangkalpinang H. Maulan Aklil. Hal ini sampaikannya pada acara Program Jum’at Bahagia di Rumah Dinas Wali Kota Pangkalpinang, Jum’at (1/2).

“Prediksi saya enam bulan  kepemimpinan dengan membuka Jum’at Bahagia, ke depan ini akan semakin sepi karena mereka sudah tertampung menjadi aspirasinya. Nah,  tinggal nanti kedua saya punya program lain dan  itu rahasia,”kata Wali Kota.

Wali Kota menegaskan Program Jum’at Bahagia dilakukan untuk mendengar apa yang menjadi keinginan aspirasi masyarakat. Ia mengungkapkan hampir 30% – 40 % masyarakat  mengaju masalah permodalan untuk usaha segala macam. Setelah dikaji memang ini menjadi kebutuhan mendasar dari masyarakat Pangkalpinang.

Follow up (tindak lanjut) dari ini adalah salah satu yang saya rencanakan tadi, kenapa tidak kita upayakan membantu masyarakat Pangkalpinang dengan memberikan bantuan  permodalan jika keuangan Pangkalpinang memungkinkan. Ini untuk jangka panjangnya hasil dari Jum’at Bahagia ini,”kata Wali Kota.

Wali Kota juga menyatakan akan mengaktifkan lagi Program Jam Malam. “Kita sedih untuk kondisi Pangkalpinag. Anak-anak remaja kita, pergaulan bebas, narkoba, memang ada itu kita tidak bisa bohong. Oleh sebab itu dulu Program Jam Malam di zaman Pak Sopian sudah pernah digelontorkan sekarang kita aktifkan kembali kegiatan itu supaya mengantisipasi dan menyelesaikan permasalahan remaja tadi,”jelasnya.

Wali Kota menegaskan jam malam ini diterapkan untuk memberikan efek jera kepada anak-anak remaja yang nongkrong sambil mabuk-mabukan lem dan minuman keras oplosan.

Seperti di Program Jum’at Bahagia sebelumnya keluhan dan aspirasi masyarakat di pekan kelima ini bervariasi dan menarik.  Ada seorang bapak yang meminta bantuan biaya pengobatan untuk istrinya yang sedang sakit, dan ada yang meminta Wali Kota untuk membantu memperbaiki rumahnya yang hampir roboh.

Ada juga seorang ibu yang sudah lansia datang mengeluhkan jatah beras raskin yang sudah tidak lagi diterimanya. Yang lebih mengharukan ibu lansia yang berjalan memakai tongkat ini datang ditemani seorang ibu yang lebih tua dari nya dan beda keyakinan, tetapi dengan ikhlas dan tulus menemaninya bertemu dengan Wali Kota Pangkalpinang.

Yang paling rutin datang setiap Jum’at Bahagia dari pekan pertama sampai pekan kelima ini adalah ibu-ibu meminta bantuan uang kepada, tetapi dengan tegas Wali Kota mengatakan bahwa Program Jum’at Bahagia ini sifatnya tidak memberikan berupa uang.

#Fotografer: Iwan
#Peliput dan Penulis: Edoy dan Yuli  

You may also like...